18 Manfaat Air Jahe Untuk Mengatasi Penyakit

kegunaan air jahe untuk kesehatan, khasiat minum air jahe tiap hari,

Bagi anda yang tidak tahu apa manfaat jahe, silahkan simak informasi dari blog Renna dibawah ini.

Sekilas tentang Jahe

Jahe merupakan tanaman rimpang yang sangat terkenal dan populer sebagai bahan rempah-rempah berguna untuk memasak dan untuk kesehatan tubuh. Rimpangnya ini bisa kita lihat berbentuk seperti jemari yang mengembung pada ruas-ruas bagian tengah.

Untuk soal rasa jahe lebih dominan ke pedas, hal ini dikarenakan senyawa keton yang terkadung dalam jahe yaitu zingeron. Senyawa tersebut lah yang menjadikan rasa jahe agak-agak pedas di lidah kita. 

Menurut sumber yang tertulis di Wikepedia bahwa jahe termasuk dalam suku Zinhiberaceae. Dan jahe ini memiliki nama ilmiah yang disebut dengan Zingiber officinale. Nama ilmiah tersebut berasal dari Yunani yang diberikan oleh seorang yang bernama William Roxburgh.

Meskipun nama jahe berasal dari Yunani, namun setelah diteliti sejarah jahe awalnya berasal dari India. Akan tetapi tidak sedikit juga orang yang berbeda pendapat bahwa jahe berasalh dari tiongkok bagian selatan lalu meluas melalui perdagangan menuju asia, jepang, dan timur tengah. 

Selain bisa digunakan secara langsung, ada beberapa cara mengolah jahe sebelum digunakan seperti diolah menjadi bubuk jahe, minyak jahe dan minuman jahe.

Tanaman yang terkenal tentu saja pasti memiliki khasiat yang besar, sehingga bicara soal manfaat jahe pasti setidaknya kita harus tahu apa saja manfaatnya tersebut. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak dibawah ini.

Manfaat Air Jahe Untuk Mengatasi Penyakit

1. Mengatasi Demam / meriang
Kandungan gingerol dalam jahe dapat mengurangi serta menyembuhkan masalah demam yang disertai meriang pada tubuh kita.

2. Mengatasi masuk angin
Jahe yang telah di olah dijadikan minuman juga dapat mengatasi masalah masuk angin yang mana seperti kita ketahui bahwa masuk angin bisa sering kali terjadi pada kita.

3. Menghangatkan tubuh
Kandungan zat aktif dalam jahe dapat membuat tubuh terasa lebih hangat, air jahe sangat cocok kita konsumsi saat tubuh terasa seperti meriang atau saat kita sedang kedinginan.

4. Menambah sistem kekebelan tubuh
Mengkonsumsi air jahe juga dapat meningkatkan sitsem imun pada tubuh kita, terutama pada saat cuaca tidak pas yang mana penyakit mudah sekali menyerang tubuh.

5. Mengatasi pusing dan mual-mual
Apabila anda sering mengalami masalah pusing dan mual-mual, maka konsumsilah jahe dengan cara mengolahnya menjadi sebuah minuman maka mual akan hilang.

6. Mengatasi perut kembung
Perut kembung kerap sekali terjadi pada kita, apalagi di saat kita masuk angin dan sering telat makan nasi, maka jahe dapat mengatasi masalah ini.

7. Mengurangi sakit kepala (migrain)
Kandungan zat dalam jahe akan menurunkan kadar prostaglandin akbibat sakit kepala. Sehingga rasa sakit kepala akibat migrain seperti sakit kepala biasa dan sakit kepala sebelah bisa dapat teratasi.

8. Mengatasi mabuk perjalanan
Seperti yang kita ketahui sekarang banyak pruduk yang memanfaatkan jahe sebagai bahan utama untuk mengatasi masalah mabuk perjalanan, jadi sebelum berpergian sebaiknya kita mengkonsumsi jahe.

9. Memperbaiki sistem pencernaan
Ada ratusan penyakit serta virus yang bisa membuat masalah pada perut, berbagai masalah pada perut dapat diatasi dengan jahe karena kandungan phenolic nya ini akan membantu menyehatkan perut seperti salah satunya kandungan gas perut yang sedang tidak stabil.

10. Mengurangi flu
Kandungan ekspetoran alami yang terdapat pada jahe akan membantu menetralisir masalah flu atau pilek yang kerap sekali terjadi pada kita.

11. Melegakan pernapasan
Selain bisa mengurangi flu, pilek dan hidung tersumbat, kandungan ekspetoran pada jahe juga akan membantu pernapasan lebih maksimal dan lega.

12. Mencegah penyumbatan darah
Kandungan antikoagulan dan gingerol pada jahe mampu mencegah terjadinya pengumpalan darah di dalam tubuh kita, sehingga pembuluh darah menjadi lebih lancar. Seperti yang kita ketahui apabila pembuluh darah tidak lancar maka masalah penyakit seperti stroke dan serangan jantung bisa terjadi. Oleh sebab itu jahe ini juga mampu mencegah stroke dan serangan jantung.

13. Mengurangi sakit gigi
Kandungan anti-bakteri yang terdapat pada jahe akan bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit gigi yang sedang terjadi. Caranya cukup dengan berkumur dengan air jahe pada saat sakit gigi.

14. Mengurangi nyeri perut saat menstruasi pada wanita
Bagi anda wanits yang kerap sekali mengalami masalah nyeri haid saat datang bulan terjadi atau menstruasi maka minumlah air jahe.

15. Mengatasi haid (menstruasi) tidak teratur pada wanita
Selain mengurangi rasa nyeri, jahe juga berkhasiat mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Para wanita di China sering menggunakan air jahe yang dicampur dengan gula merah untuk mengatasi masalah haid tidak teratur ini.

16. Menghilangkan pegal-pegal (nyeri otot, pegal linu dan nyeri sendi)
Rasa lelah setelah seharian beraktivitas tentu kerap membuat masalah pada otot-otot kita seperti pegal dan nyeri sendir. Air jahe salah satu minuman alami yang sangat efektif mampu melakukan proses penyembuhan dari dalam untuk mengatasi hal semacam ini.

17. Mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh
Dengan sering mengkonsumsi jahe zat-zat aktif dan sifat anti-bakteri yang terkandung di dalamnya ini akan menjaga masalah kolesterol, terutama memberantas kolesterol jahat yang sudah menumpuk dalam tubuh kita.

18. Mengatasi sakit tenggorokan
Zat ekspetoran yang terkandung dalam jahe ini sangat terkenal, sehingga jangan heran apabila banyak yang mengolah jahe dijadikan minuman atau pun semacam permen utnuk mengatasi masalah sakit tenggorokan serta melegakannya.


Tips tambahan :

  • Anak-anak usia dibawah 2 tahun tidak baik mengkonsumsi jahe.
  • Anak-anak usia 6-10 tahun keatas baik mengkonsumsi jahe maksimal 2 mg/hari.
  • Remaja dan dewasa baik mengkonsumsi jahe maksimal 4 gram/hari.
  • Wanita hamil hanya boleh mengkonsumsi jahe di bawah 1 gram/hari.
  • Jahe kurang bagus untuk penderita diabetes.
  • Jahe kurang bagus untuk penderita darah tinggi.

Penutup

Demikianlah 18 manfaat air jahe untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang perlu kita ketahui, semoaga informasi diatas ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Posting Komentar

© Renna's Blog. All rights reserved. Developed by Thanks to